Membuat Website dengan Wordpress

Membuat Website dengan WordPress
15 July 2019 No Comments pemrograman2 Site Default

Website menjadi kebutuhan penting bagi bisnis. Baik itu online maupun offline membutuhkan website untuk menampilkan citra terbaiknya di dunia maya. Apalagi mengingat kebiasaan masyarakat yang selalu mengecek apa saja yang akan dibelinya melalui internet.

Mau beli smartphone? Google dulu. Ingin beli pakaian? Cek dulu di Google. Mau menggunakan jasa desain grafis? Cari dulu di Google. Sedang berwisata dan mencari makanan atau oleh-oleh khas daerah? Cek di Google.

WordPress adalah CMS atau platform pembuatan website paling populer di dunia. Lebih dari 30 persen website di dunia dibuat menggunakan WordPress. WordPress bisa menjadi begitu populer karena kemudahan penggunaan dan fitur-fiturnya yang lengkap.

Untuk membuat sebuah website dengan wordpress pada server local kita, tentunya kita harus memiliki aplikasi sebagai berikut :

  1. Xampp
  2. Web Browser
  3. WordPress

Silahkan klik nama aplikasi di atas untuk mendownload.

Cara pemasangannya pertamakali tentunya kita harus menginstall Xampp dulu di komputer kita. Selanjutnya kita harus membuat sebuah database yang akan digunakan di pada wordpress nantinya.

Setelah semua persiapan selasai kita mulai dengan extract wordpres tadi ke folder htdoct yang ada pada direktori xampp kita dan kemudian ganti namanya menjadi aplikasi yang akan kita buat misal saya ingin membuat aplikasi SMK maka saya ganti nama folder hasil extract tadi menjadi SMK.

Setelah selesai mari kita mulai lakukan seup terhadap website kita dengan mengetikkan localhost/(nama folder pada htdoct), karena nama folder saya SMK maka saya memanggil localhist/SMK, maka akan muncul seperti di bawah

Selanjutnya kita pilih bahasa yang akan kita gunakan, disini saya menggunakan bahasa Inggris dan klik Continue dan setelahnya akan muncul seperti berikut

Pada bagian ini pastikan semua atribut database sudah persedia dan selanjutnya klik let’s go.Tahapan berikut, kita harus menginput nama database beserta username dan password phpmyadmin kita. Jika masih bawaan dan belum di setting, maka usernamenya adalah root dan passwordnya di kosongkan, jika sudah tekan submit.

dan terakhir akan muncul tampilan seperti halaman berikut, klik run the installtion

setelah itu akan keluar halaman berikut dan silahkan saudara isi judul situs beserta username password dari admin dan klik install.

jika sudah silahkan lakukan log in ke dalam sistem kita menggunakan username password yang telah dibuat sebelumnya, disini saya menggunakan username Admin dan password admin.

Setelah log in, maka selesailah proses installasi kita dan website siap untuk digunakan…

Catatan untul login masukkan alamat localhost/SMK/wp_admin

untuk melihat hasil silahkan buka localhost/SMK.

Tags
About The Author